Profil SLB Negeri Paleleh
Sekolah Luar Biasa (SLB) adalah sistem penyelenggaraan pendidikan untuk menangani Anak Berkebutuhan Khusus yang berada di bawah naungan Pendidikan Khusus – Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK). SLB Negeri Paleleh merupakan salah satu sekolah tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) dan Sekolah Menengah Luar Biasa (SMALB). Saat ini SLB Negeri Paleleh menangani siswa jenjang SDLB dan SMPLB, yang berada di Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Negeri Paleleh |
Alamat Sekolah |
: |
Jln. Trans Sulawesi (Desa Dutuno) |
Kecamatan |
: |
Paleleh |
Kabupaten |
: |
Buol |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94568 |
SK Kelembagaan |
: |
800.05/23.150/PK-PLK/DIKBUD |
NSS / NPSN |
: |
/ 69978308 |
Luas Tanah |
: |
7.053 M² |
Status Sekolah |
: |
Negeri |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Syamsudin R. Pau |
Pendidikan Terakhir |
: |
D2 |
Jurusan |
: |
Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
2 Guru |
Guru Non PNS |
: |
6 Guru |
Jumlah Guru |
: |
8 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
2 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
6 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
8 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
18 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
18 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
18 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Negeri Paleleh Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
A. Tujuan Umum
- Siswa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan budi pekerti yang luhur.
- Siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, sesuai kemampuan / potensi yang dimilikinya.
- Mengenal dan mencintai orang tua, masyarakat, budaya bangsa dan negara.
- Siswa kreatif dan terampil dalam bekerja agar dapat mengembangkan dirinya secara terus menerus.
B. Tujuan Khusus
- Membantu peserta didik agar mampu menolong dirinya dan meringankan beban orang tua serta dapat berbakti pada orang tua, masyarakat, bangsa dan Negara sesuai kemampuan / potensi yang dimilikinya.
- Membantu peserta didik yang menyandang kelainan fisik, mental dan emosionalnya agar mampu mengembangkan sikap, pengetahuan, keterampilan serta mengembangkan dirinya sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sekitar.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
- Menjadi sekolah terpercaya di masyarakat untuk mensukseskan wajib belajar 12 tahun.
- Terwujudnya pelayanan pendidikan optimal untuk mencapai kemandirian bagi anak berkebutuhan khusus.
Misi Sekolah
- Memperluas kesempatan serta pemerataan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.
- Meningkatkan mutu dan relevansi serta daya saing pendidikan khusus.
- Meningkatkan kepedulian bagi anak berkebutuhan khusus serta membentuk sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif sesuai kemampuan peserta didik di sekolah.
- Membentuk sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif sesuai kemampuan peserta didik di sekolah.
- Membangun citra sekolah sebagai mitra terpercaya dalam mengembangkan pendidikan khusus.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
9 |
9 |
- |
- |
2 |
Ruang Kantor Tata Usaha |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Guru |
1 |
1 |
- |
- |
4 |
Ruang Kepsek |
1 |
1 |
- |
- |
5 |
Ruang UKS |
- |
- |
- |
- |
6 |
Ruang Perpustakaan |
- |
- |
- |
- |
7 |
Ruang Kantin |
1 |
1 |
- |
- |
8 |
Ruang Keterampilan |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
14 |
14 |
- |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
- |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
- |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
- |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja / Kursi Guru |
- |
4 |
- |
- |
2 |
Meja / Kursi Kantor |
- |
9 |
- |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
- |
2 |
- |
- |
4 |
Meja / Kursi Siswa |
- |
30 |
- |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
3 |
3 |
- |
- |
2 | KM/ WC Guru |
2 |
2 |
- |
- |
3 | KM/ WC Kepsek |
1 |
1 |
- |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
PAMSIMAS |
1 |
√ |
- |
- |