Profil SLB Negeri Porame
SLB Negeri Porame merupakan salah satu sekolah tingkat TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB yang berada di Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Negeri Porame |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Kenangan |
Kecamatan |
: |
Kinovaro |
Kabupaten |
: |
Sigi |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94362 |
SK Kelembagaan |
: |
800.05 / 03 /PK-PLK / DIKBUD |
NSS / NPSN |
: |
281180201931 / 40200754 |
Luas Tanah |
: |
5.945 M² |
Status Sekolah |
: |
Negeri |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Drs. Jaya, M.Si |
Pendidikan Terakhir |
: |
S2 |
Jurusan |
: |
Manajemen Pendidikan |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
16 Guru |
Guru PPPK |
: |
5 Guru |
Guru Non PNS |
: |
3 Guru |
Jumlah Guru |
: |
24 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
1 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
7 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
8 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
121 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
120 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
116 Siswa |
Tujuan Sekolah
- Menghasilkan peserta didik yang cerdas, percaya diri dan memiliki kemampuan dalam bidang akademik dan non akademik.
- Memiki kurikulum yang fleksibel bagi anak berkebutuhan khusus, mengedepankan nilai-nilai budaya karakter dan peduli lingkungan.
- Mewujudkan sekolah sebagai tempat pembentukan karakter dan cinta budaya serta lingkungan hidup dengan meningkatkan kemampuan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan anak berkebutuhan khusus antuk dapat hidup mandiri.
- Warga sekolah memiliki kemampuan TIK, dan dapat berkomunikasi dengan baik pada masyarakat, steckholder, orang tua, pemerintah sebagai upaya mempromosikan Pendidikan Khusus.
- Memiliki pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan khusus sebagai suatu profesi dalam melaksanakan kerangka moral, legal dan etika bekerja yang berkaitan dengan profesi pendidik.
- Memiliki Struktur Organisasi yang dinamis, efektif dan efisien sesuai dengan visi dan misi sekolah yang mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik.
- Memiliki Sistem Informasi Manajemen Sekolah yang baik.
- Memiliki prestasi dalam bidang lomba seni, olahraga dan keterampilan.
- Memiliki sarana dan prasarana yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, bercirikan Sekolah Khusus/Sekolah Luar Biasa yang mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik.
- Memiliki tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terampil, cerdas, cakap dan berprestasi yang mendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik anak berkebutuhan khusus.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Terwujudnya Peserta Didik yang berprestasi dan berakhlak mulia.
Misi Sekolah
- Mewujudkan Peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik.
- Mewujudkan peserta didik yang berprestasi di dalam bidang non akademik.
- Mewujudkan peserta didik yang memiliki ketrampilan untuk hidup mandiri.
- Mewujudkan peserta didik yang taat menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinannya.
- Mewujudkan peserta didik yang berperilaku sopan dan santun.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
16 |
16 |
- |
- |
2 |
Ruang Kantin |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Keterampilan |
1 |
1 |
- |
- |
4 |
Ruang Pembelajaran Khusus |
1 |
1 |
- |
- |
5 |
Ruang Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
21 |
21 |
- |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
√ |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
√ |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
√ |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja / Kursi Guru |
22 Set |
14 |
8 |
- |
2 |
Meja / Kursi Kantor |
4 Set |
2 |
2 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
9 Set |
5 |
4 |
- |
4 |
Meja / Kursi Siswa |
100 Set |
78 |
22 |
- |
5 |
Lemari Buku Kelas |
25 Set |
21 |
4 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
4 |
3 |
1 |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Dari Mesjid Sekitar |
1 |
√ |
- |
- |