Profil SLB Negeri Molino
SLB Negeri Molino merupakan salah satu sekolah tingkat provinsi yang berada di Kecamatan Petasia Timur Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Negeri Molino |
Alamat Sekolah |
: |
Jln. Trans Sulawesi (Poros Kolonodale-Bungku) |
Kecamatan |
: |
Petasia Timur |
Kabupaten |
: |
Morowali Utara |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94963 |
SK Kelembagaan |
: |
- |
NSS / NPSN |
: |
80707001 / 40205592 |
Luas Tanah |
: |
2.554 M² |
Status Sekolah |
: |
Negeri |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Agustinus Batulapa, S.Pd.SD |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
PGSD |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
2 Guru |
Guru Non PNS |
: |
6 Guru |
Jumlah Guru |
: |
8 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
0 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
5 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
5 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
37 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
37 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
35 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Negeri Molino Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan keagamaan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efesien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksananya program ekstrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Terwujudnya insan beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia yang cerdas, terampil, peduli lingkungan serta menguasai Iptek
Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini :
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan
- Meningkatnya penerapan nilai - nilai karakter pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
- Meningkatnya prestasi akademik dan penguasaan Iptek.
- Meningkatnya prestasi non akademik (olah raga, kesenian dan keterampilan).
Misi Sekolah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut.
- Menegakkan budaya santun baik dalam bentuk tingkah laku maupun tutur kata.
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
- Memotivasi dan membimbing siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapatdikembangkan secara optimal.
- Menerapkan program perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sehat, bersih, rindang dan asri sebagai upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup.
- Melaksanakan berbagai program ekstrakurikuler.
- Memupuk semangat untuk meningkatkan kinerja kepada seluruh warga sekolahsehigga mampu bekerja secara profesional sesuai tugas dan fungsi masing-masing.
- Meningkatkan fungsi dan peran komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
- Menggalang Kerjasama dengan berbagai pihak.
- Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dangan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
9 |
- |
6 |
3 |
2 |
Ruang Kantor Tata Usaha |
2 |
2 |
- |
- |
3 |
Ruang Guru |
2 |
2 |
- |
- |
4 |
Ruang Kepsek |
2 |
2 |
- |
- |
5 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
6 |
Ruang Perpustakaan |
2 |
2 |
- |
- |
7 |
Ruang Kantin |
1 |
1 |
- |
- |
8 |
Ruang Keterampilan |
3 |
- |
3 |
- |
9 |
Ruang Osis |
1 |
1 |
- |
- |
10 |
Ruang Musolah |
1 |
- |
1 |
- |
|
JUMLAH |
24 |
11 |
10 |
3 |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
- |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
- |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
- |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja / Kursi Guru |
9 |
3 |
6 |
- |
2 |
Meja / Kursi Kantor |
15 |
5 |
10 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
5 |
2 |
3 |
- |
4 |
Meja / Kursi Siswa |
35 |
30 |
5 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
- | - |
- |
- |
- |
- |
- | - |
- |
- |
- |
- |
- | - |
- |
- |
- |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
- |
- |
- |
- |
- |
- |