Profil SLB C Hosana Tentena
SLB C Hosana Tentena merupakan salah satu sekolah tingkat SDLB, SMPLB, SMALB yang berada di kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten Poso.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB C Hosana Tentena |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Lorong Kemiri |
Kecamatan |
: |
Pamona Puselemba |
Kabupaten |
: |
Poso |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94663 |
SK Kelembagaan |
: |
- |
NSS / NPSN |
: |
/ 40201334 |
Luas Tanah |
: |
5.600 M² |
Status Sekolah |
: |
Swasta |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Herson Balingki, S.Pd |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
PGSD |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
3 Guru |
Guru Non PNS |
: |
4 Guru |
Jumlah Guru |
: |
7 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
0 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
1 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
1 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
35 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
43 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
37 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB C Hosana Tentena Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Terciptanyalingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing - masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksananya program eksra kurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangkan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Terwujudnya insan beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia yang cerdas, terampil, peduli lingkungan serta menguasai iptek. Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini :
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan.
- Meningkatnya penerapan nilai-nilai karakter pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
- Meningkatnya prestasi akademik dan penguasaan iptek.
- Meningkatnya prestasi non akademik (olah raga, kesenian, keterampilan).
Misi Sekolah
- Menanamkan keyakinan melalui pengamalan ajaran agama.
- Membekali keterampilan sesuai dengan kekhususannya agar mandiri.
- Menjalin kerjasama yang harmonis antar sekolah dan masyarakat.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
6 |
6 |
- |
- |
2 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
7 | 7 | - |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
- |
- |
√ |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
- |
√ |
4 |
Pagar belakang permanen |
- |
- |
√ |
5 |
Tiang Bendera |
√ |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
6 Set |
6 |
6 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
7 Set |
- |
7 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
1 Set |
4 |
1 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
25 Set |
52 |
25 |
- |
5 |
Lemari Kelas |
5 |
7 |
5 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
1 |
1 |
- |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | Sumur Bor |
1 |
√ |
- |
- |