Profil SLB Raudhatul Bahara
SLB Raudhatul Bahara merupakan salah satu sekolah tingkat Propinsi yang berada di kecamatan Poso Pesisir kabupaten Poso.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Raudhatul Bahara |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Trans Sulawesi Ds. Lantojaya |
Kecamatan |
: |
Poso Pesisir |
Kabupaten |
: |
Poso |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94562 |
SK Kelembagaan |
: |
- |
NSS / NPSN |
: |
101180305020/699493 |
Luas Tanah |
: |
1.025 M² |
Status Sekolah |
: |
Swasta |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Hj. Erni Tobai, S.Pd |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
IPS |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
0 Guru |
Guru Non PNS |
: |
6 Guru |
Jumlah Guru |
: |
6 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
1 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
0 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
1 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
37 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
33 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
30 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Raudhatul Bahara Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing - masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksanya program eksrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Mewujudkan sumber daya manusia (SDM) anak yang berkebutuhan khusus agar berkualitas, mandiri, yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudaya, sehat Jasmani dan Rohani.
Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini.
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan.
- Meningkatnya penerapan nilai - nilai karakter pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
- Meningkatnya prestasi akademik dan penguasaan iptek.
- Meningkatnya prestasi non akademik (olahraga, kesenian, keterampilan).
Misi Sekolah
Menyelenggarakan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) yang berorientasi dan Berkemandirian di bidang Pendidikan dan mampu secara moral sosial, sehingga menyiapkan dan mengembangkan sumber daya insani dibidang Pendidikan Khusus Anak berkebutuhan Khusus (ABK) serta berpartisipatif dengan melibatkan seluruh warga Sekolah dan penentu kebijakan.
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut.
- Menegakkan budaya santun baik dalam bentuk tingkah laku maupun tutur kata.
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
- Memotivasi dan membimbing siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
- Menerapkan Program Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup yang sehat, bersih, rindang dan asri sebagai upaya pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup.
- Melaksanakan berbagai program ekstrakurikuler.
- Memupuk semangat untuk meningkatkan kinerja kepada seluruh warga sekolah sehigga mampu bekerja secara profesional sesuai tugas dan fungsi masing-masing.
- Meningkatkan fungsi dan peran komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
- Menggalang kerjasama dengan berbagai pihak.
- Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
1 |
1 |
- |
- |
2 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
3 | 3 | - |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
- |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
- |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
- |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
- |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
6 Set |
3 |
3 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
4 Set |
- |
4 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
4 Set |
- |
4 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
25 Set |
5 |
20 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
4 |
√ |
- |
- |
2 | KM/ WC Guru |
- |
- |
- |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | PDAM |
1 |
√ |
- |
- |