Profil SLB Negeri Parigi
SLB Negeri Parigi merupakan salah satu sekolah tingkat SDLB, SMPLB, SMALB yang berada di kecamatan Parigi, kabupaten Parigi Moutong.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Negeri Parigi |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Sungai Pakabata |
Kecamatan |
: |
Parigi |
Kabupaten |
: |
Parigi Moutong |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94471 |
SK Kelembagaan |
: |
- |
NSS / NPSN |
: |
80118080201/40205177 |
Luas Tanah |
: |
6.571 M² |
Status Sekolah |
: |
Swasta |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
I Ketut Dina Arta, S.Pd |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
PGSD |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
5 Guru |
Guru PPPK |
: |
1 Guru |
Guru Non PNS |
: |
4 Guru |
Jumlah Guru |
: |
10 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
1 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
4 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
5 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
81 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
82 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
81 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Negeri Parigi Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing - masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksanya program eksrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Unggul dalam mengembangkan life skill melalui pembelajaran yang bermutu menuju kemandirian anak berkebutuhan khusus.
Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini.
- Mendidik dan membiasakan anak dalam kehidupan yang agamis, serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kehidupan agamis.
- Melakukan sosialisasi dan penjaringan anak berkebutuhan khusus.
- Memberikan terapi kepada anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kelainannya.
- Menyediakan fasailitas yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan.
Misi Sekolah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :
- Menciptakan siswa berkebutuhan khusus yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
- Memberikan kesempatan belajar kepada anak-anak berkebutuhan khusus.
- Membantu anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi masalah kelainannya.
- Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
- Membekali siswa berkebutuhan khusus dengan keterampilan kerja.
- Mendorong kreativitas dan kemandirian para siswa.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
9 |
6 |
3 |
- |
2 |
Ruang Kantor TU |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Guru |
1 |
1 |
- |
- |
4 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
12 | 9 | 3 |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
√ |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
√ |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
√ |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
- |
√ |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
8 Set |
8 |
8 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
1 Set |
1 |
1 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
4 Set |
4 |
4 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
42 Set |
40 |
42 |
- |
5 |
Lemari Guru |
9 |
- |
9 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
4 |
1 |
1 |
2 |
2 | KM/ WC Guru |
1 |
- |
- |
1 |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | Sumur Bor |
2 |
1 |
1 |
- |