Profil SMAN Olahraga Tadulako Palu
SMAN Olahraga Tadulako Palu Sulawesi Tengah adalah sekolah keberbakatan olahraga yang sederajat SMA merupakan satu satunya yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yang membina keberbakatan khusus olahraga sekaligus memberikan layanan pendidikan belajar seperti sekolah pada umumnya. SMANOR Tadulako Palu membina 8 (delapan) cabang olahraga binaan yakni atletik, karate, taekwondo, pencak silat, tinju, dayung, sepak takraw dan bulu tangkis yang dilatih oleh pelatih profesional di cabornya berlisensi pelatih nasional. SMANOR Tadulako Palu adalah sekolah yang berasrama yang siswanya adalah siswa berbakat olahraga yang berasal dari 13 kabupaten/kota yang lulus melalui seleksi yang ketat baik jalur prestasi maupun jalur umum melalui tes administrasi, tes fisik, tes kecabangan, tes wawancara dan tes kesehatan dengan motto "BERLATIH, BELAJAR, BERPRESTASI".
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SMAN Olahraga Tadulako Palu |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Soekarno - Hatta |
Kecamatan |
: |
Mantikulore |
Kota |
: |
Palu |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94111 |
SK Kelembagaan |
: |
421.30/DISDIKBUD-GST/2013 |
NSS / NPSN |
: |
/ 69878007 |
Luas Tanah |
: |
17.662 M² |
Status Sekolah |
: |
Negeri |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Muhammad Jufri, S.Pd., M.Pd. |
Pendidikan Terakhir |
: |
S2 |
Jurusan |
: |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
20 Guru |
Guru Non PNS |
: |
0 Guru |
Jumlah Guru |
: |
20 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
2 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
7 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
9 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
208 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
225 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
214 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SMAN Olahraga Tadulako Palu Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan sekolah yang ramah anak dan religius melalui kegiatan keagamaan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan dan kepelatihan yang memadai dan sesuai standar yang ada.
- Terlaksananya proses latihan olahraga dan belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing-masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Tenaga Kepelatihan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksanya program eksrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efisien sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan olahraga yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan lainnya.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran dan latihan cabang olahraga.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar dan latihan kecabangan olahraga yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Unggul dalam pretasi olahraga dan akademik yang berkarakter profil pelajar pancasila ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini.
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan latihan olahraga dan pembelajaran.
- Meningkatnya penerapan nilai - nilai karakter profil pelajar pancasila pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan.
- Meningkatnya prestasi non akademik (kesenian dan keterampilan).
Misi Sekolah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :
- Membiasakan pola hidup berakhlak mulia.
- Melaksanakan pengembangan kurikulum terpadu yang adaptif dan inovatif.
- Melaksanakan pembelajaran dan latihan yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai kemampuan dan latihan cabang olahraga sesuai bakat dan minat siswa.
- Membiasakan pola hidup bersih, sehat dan berkarakter serta budaya bangsa yang berwawasan lingkungan.
- Menyediakan sarana prasarana latihan dan pembelajaran yang relevan dan memadai.
- Menerapkan manajemen berbasis sekolah secara transparan dan akuntabel.
- Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran agama yang dianut.
- Melaksanakan berbagai program ekstrakurikuler.
- Meningkatkan fungsi dan peran komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
- Menggalang kerjasama dengan berbagai pihak.
- Meningkatkan mutu pendidikan sesuai dangan tuntutan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
9 |
- |
9 |
- |
2 |
Ruang Kantor TU |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Guru |
1 |
- |
1 |
- |
4 |
Ruang Kepsek |
1 |
1 |
- |
- |
5 |
Ruang Aula |
1 |
- |
1 |
- |
6 |
Ruang Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
- |
7 |
Ruang Asrama |
1 |
- |
1 |
- |
8 |
Ruang Lab. IPA |
2 |
- |
2 |
- |
9 |
Ruang Lab. Komputer |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
18 | 4 | 13 |
1 |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
√ |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
√ |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
√ |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
√ |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
81 Set |
50 |
31 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
14 Set |
14 |
0 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
12 Set |
12 |
0 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
670 Set |
600 |
70 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
6 |
- |
4 |
2 |
2 | KM/ WC Guru |
4 |
3 |
1 |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | Sumur Bor |
1 |
√ |
- |
- |