Profil SLB Adjerni Sunusi
SLB Adjerni Sunusi adalah merupakan salah satu sekolah luar biasa yang melayani pendidikan dan jenjang SDLB, SMPLB dan SMALB dari jenis ketunaan yaitu tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Daksa, Tuna Grahita, yang berada dikel. Silae, Kec. Ulujadi Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB Adjerni Sunusi |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Hasanudin Toto |
Kecamatan |
: |
Ulujadi |
Kota |
: |
Palu |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94227 |
SK Kelembagaan |
: |
800.05/64/PK-PLK/DIKBUD |
NSS / NPSN |
: |
/ 69987975 |
Luas Tanah |
: |
50.000 M² |
Status Sekolah |
: |
Swasta |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Ida Rochani Salawali, S.Sos |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
Ilmu Administrasi Negara |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
1 Guru |
Guru Non PNS |
: |
5 Guru |
Jumlah Guru |
: |
6 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
0 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
1 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
1 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
36 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
40 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
44 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Adjerni Sunusi adalah sebagai berikut :
- Terciptanya lingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan.
- Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
- Meningkatkan kinerja masing - masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
- Terlaksanya program eksrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efien sesui dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
- Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
- Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
- Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
- Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Terwujudnya anak berkebutuhan khusus yang bertakwa, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia yang cerdas, terampil, peduli lingkungan serta menguasai IPTEK.
Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini :
- Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan.
- Meningkatnya penerapan nilai-nilai karakter pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
- Meningkatnya prestasi akademik dan penguasaan IPTEK.
- Meningkatnya prestasi non akademik (olah raga, kesenian, keterampilan).
Misi Sekolah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :
- Membentuk kepribadian anak berbudi pekerti luhur.
- Menjalankan syariat agama sesuai yang dianut.
- Memberikan pelayanan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kemampuan dan potensi secara optimal.
- Memberikan pelatihan dan Keterampilan sebagai bekal hidup Mandiri di tengah Masyarakat.
- Mewujudkan budaya sekolah yang nyaman dan humoris, cinta lingkungan cinta puspa dan satwa.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
3 |
3 |
- |
- |
2 |
Ruang Guru |
1 |
1 |
- |
- |
3 |
Ruang Kepsek |
1 |
1 |
- |
- |
4 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
5 |
Ruang Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
- |
6 |
Ruang Kantin |
1 |
1 |
- |
- |
|
JUMLAH |
8 | 8 | - |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
√ |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
- |
√ |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
√ |
- |
- |
5 |
Tiang Bendera |
√ |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
4 Set |
2 |
2 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
6 Set |
- |
6 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
2 Set |
1 |
1 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
30 Set |
20 |
10 |
- |
5 |
Lemari UKS |
1 Bh |
- |
1 |
|
6 |
Meja/ Kursi UKS |
1 Set |
- |
1 |
- |
7 |
AC |
6 Bh |
3 |
3 |
- |
8 |
PC |
2 Bh |
1 |
1 |
- |
9 |
Printer |
2 Bh |
1 |
1 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
4 |
4 |
- |
- |
2 | KM/ WC Guru |
2 |
2 |
- |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | Air Gunung |
1 |
√ |
- |
- |