SLB Adjerni Sunusi

Profil SLB Adjerni Sunusi

SLB Adjerni Sunusi adalah merupakan salah satu sekolah luar biasa yang melayani pendidikan dan jenjang SDLB, SMPLB dan SMALB dari jenis ketunaan yaitu tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Daksa, Tuna Grahita, yang berada dikel. Silae, Kec. Ulujadi Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Identitas Sekolah

Nama Sekolah

:

SLB Adjerni Sunusi

Alamat Sekolah

:

Jalan Hasanudin Toto

Kecamatan

:

Ulujadi

Kota

:

Palu

Provinsi

:

Sulawesi Tengah

Kode Pos

:

94227

SK Kelembagaan

:

800.05/64/PK-PLK/DIKBUD

NSS / NPSN

:

/ 69987975

Luas Tanah

:

50.000 M²

Status Sekolah

:

Swasta

Identitas Kepala Sekolah

Nama Kepsek

:

Ida Rochani Salawali, S.Sos

Pendidikan Terakhir

:

S1

Jurusan

:

Ilmu Administrasi Negara

Jumlah Guru

Guru PNS

:

1 Guru

Guru Non PNS

:

5 Guru

Jumlah Guru

:

6 Guru

Jumlah Pegawai

Pegawai PNS

:

0 Pegawai

Pegawai Non PNS

:

1 Pegawai

Jumlah Pegawai

:

1 Pegawai

Jumlah Siswa

Tahun Ajaran 2020/2021

:

36 Siswa

Tahun Ajaran 2021/2022

:

40 Siswa

Tahun Ajaran 2022/2023

:

44 Siswa

Tujuan Sekolah

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB Adjerni Sunusi adalah sebagai berikut :

  1. Terciptanya lingkungan sekolah yang religius melalui kegiatan.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
  3. Terlaksananya proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, berdasarkan semangat keunggulan lokal dan global.
  4. Meningkatkan kinerja masing - masing komponen sekolah (Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan dan Kependidikan, Karyawan, Peserta Didik dan Komite Sekolah) untuk bersama - sama melaksanakan kegiatan yang inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing - masing.
  5. Terlaksanya program eksrakurikuler dengan mewajibkan pramuka bagi seluruh warga, agar lebih efektif dan efien sesui dengan bakat dan minat peserta didik sebagai salah satu sarana pengembangan diri peserta didik.
  6. Terwujudnya kualitas lulusan yang memiliki sikap pengetahuan dan keterampilan yang seimbang serta meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan ke perguruan tinggi.
  7. Tersusun dan terlaksananya tata tertib dan segala ketentuan yang mengatur operasional warga sekolah.
  8. Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, sejuk, indah, nyaman, sehat dan menyenangkan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.
  9. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar yang mengarah pada program berbasis kompetensi.
  10. Meningkatkan kualitas semua sumber daya manusia baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang dapat berkompetensi baik lokal maupun global.

Visi dan Misi Sekolah

Visi Sekolah

Terwujudnya anak berkebutuhan khusus yang bertakwa, cerdas, terampil, dan berakhlak mulia yang cerdas, terampil, peduli lingkungan serta menguasai IPTEK.

Ketercapaian visi tersebut dapat diukur dengan indikator di bawah ini :

  1. Meningkatnya frekuensi dan kualitas kegiatan keagamaan.
  2. Meningkatnya penerapan nilai-nilai karakter pada setiap sendi kehidupan di sekolah.
  3. Meningkatnya prestasi akademik dan penguasaan IPTEK.
  4. Meningkatnya prestasi non akademik (olah raga, kesenian, keterampilan).

Misi Sekolah

Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.  Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :

  1. Membentuk kepribadian anak berbudi pekerti luhur.
  2. Menjalankan syariat agama sesuai yang dianut.
  3. Memberikan pelayanan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kemampuan dan potensi secara optimal.
  4. Memberikan pelatihan dan Keterampilan sebagai bekal hidup Mandiri di tengah Masyarakat.
  5. Mewujudkan budaya sekolah yang nyaman dan humoris, cinta lingkungan cinta puspa dan satwa.

DATA FASILITAS SEKOLAH

Ruangan

No.

JENIS RUANGAN

JUMLAH

RUANG

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1

Ruang Kelas

3

3

-

-

2

Ruang Guru

1

1

-

-

3

Ruang Kepsek

1

1

-

-

4

Ruang UKS

1

1

-

-

5

Ruang Perpustakaan

1

1

-

-

6

Ruang Kantin

1

1

-

-

 

JUMLAH

8 8 -

-

 Infra Struktur

No.

JENIS PAGAR

KONDISI

BAIK

RSK 

RINGAN

RSK 

BERAT

1

Pagar depan permanen

-

-

2

Pagar samping kiri permanen

-

-

3

Pagar samping kanan permanen

-

-

4

Pagar belakang permanen

-

-

5

Tiang Bendera

-

-

 Inventaris

No.

JENIS INVENTARIS

 BUTUH

 ADA

 KURANG

 KET

1

Meja/ Kursi Guru

4 Set

2

2

-

2

Meja/ Kursi Kantor

6 Set

-

6

-

3

Lemari Buku Kantor

2 Set

1

1

-

4

Meja/ Kursi Siswa

30 Set

20

10

-

5

Lemari UKS

1 Bh

-

1

 

6

Meja/ Kursi UKS

1 Set

-

1

-

7

AC

6 Bh

3

3

-

8

PC

2 Bh

1

1

-

9

Printer

2 Bh

1

1

-

 Sanitasi

No.

RUANG/FASILITAS

 JUMLAH

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1 KM/ WC Murid

4

4

-

-

2 KM/ WC Guru

2

2

-

-

 Sumber Air  Bersih

No.

RUANG/FASILITAS

 JUMLAH

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1 Air Gunung

1

-

-