SLB ABCD Muhammadiyah Palu

Profil SLB ABCD Muhammadiyah Palu

SLB ABCD Muhammadiyah Palu merupakan salah satu sekolah tingkat SLB yang berada dikecamatan Palu Barat Kota Palu.

Identitas Sekolah

Nama Sekolah

:

SLB ABCD Muhammadiyah Palu

Alamat Sekolah

:

Jalan Tompi No.15 Palu

Kecamatan

:

Palu Barat

Kota

:

Palu

Provinsi

:

Sulawesi Tengah

Kode Pos

:

94221

SK Kelembagaan

:

II.A/4.a/62/93

NSS / NPSN

:

802 186 00 102/ 40203523

Luas Tanah

:

5.000 M²

Status Sekolah

:

Swasta

Identitas Kepala Sekolah

Nama Kepsek

:

Rini Kurniaini, S.Pd

Pendidikan Terakhir

:

S1

Jurusan

:

Matematika

Jumlah Guru

Guru PNS

:

6 Guru

Guru Non PNS

:

13 Guru

Jumlah Guru

:

19 Guru

Jumlah Pegawai

Pegawai PNS

:

0 Pegawai

Pegawai Non PNS

:

3 Pegawai

Jumlah Pegawai

:

3 Pegawai

Jumlah Siswa

Tahun Ajaran 2020/2021

:

147 Siswa

Tahun Ajaran 2021/2022

:

139 Siswa

Tahun Ajaran 2022/2023

:

153 Siswa

Tujuan Sekolah

 Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulyaserta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB ABCD Muhammadiyah Palu Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :

  1. Menjalin kerjasama (Net Working) dengan instalasi / lembaga terkait, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka masa depan anak.
  2. Mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan keterampilan untuk peningkatan potensi anak dan memperlancar proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan dan penataan.
  4. Mengoptimalkan peningkatan potensi yang ada pada anak.

Visi dan Misi Sekolah

Visi Sekolah

Terwujudnya sekolah yang adaptif berbasis keterampilan, kecakapan, kemandirian berakhlak mulia dan peduli lingkungan hidup.

Misi Sekolah

Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka  panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di  atas :

  1. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
  2. Membekali keterampilan kerja yang diperlukan siswa sesuai dengan kemampuan siswa.
  3. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan kepada peserta didik, guru dan tenaga kependidikan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
  4. Membantu membimbing setiap siswa, mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara maksimal
  5. Mengembangkan dan mendayagunakan potensi sekolah yang berbudaya lingkungan hidup.

DATA FASILITAS SEKOLAH

Ruangan

No.

JENIS RUANGAN

JUMLAH

RUANG

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1

Ruang Kelas

14

9

5

-

2

Ruang Tata Usaha

1

-

1

-

3

Ruang Guru

1

-

1

-

4

Ruang Kepsek

1

-

1

-

5

Ruang UKS

1

1

-

-

6

Ruang Perpustakaan

1

1

-

-

7

Ruang Kantin

1

1

-

-

8

Gudang

1

1

-

-

9

Ruang Kecantikan

1

-

1

-

10

Ruang Busana

1

1

-

-

11

Asrama

12

-

12

-

12

Ruang Tata Boga

1

-

1

-

13

Ruang BK

1

-

1

-

14

Ruang Bina Diri

1

-

1

-

15

Ruang Aula

1

-

1

-

16

Musholla

1

-

1

-

 

JUMLAH

40

14

26

-

 Infra Struktur

No.

JENIS PAGAR

KONDISI

BAIK

RSK 

RINGAN

RSK 

BERAT

1

Pagar depan permanen

-

-

2

Pagar samping kiri permanen

-

-

3

Pagar samping kanan permanen

-

-

4

Pagar belakang permanen

-

-

5

Tiang Bendera

-

-

 Inventaris

No.

JENIS INVENTARIS

 BUTUH

 ADA

 KURANG

 KET

1

Meja/ Kursi Guru

20 Set

12

8

-

2

Meja/ Kursi Kantor

3 Set

1

2

-

3

Lemari Buku Kantor

10 Set

5

5

-

4

Meja/ Kursi Siswa

50 Set

106

47

-

 Sanitasi

No.

RUANG/FASILITAS

 JUMLAH

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1 KM/ WC Murid

11

-

2

9

2 KM/ WC Guru

2

-

2

-

 Sumber Air  Bersih

No.

RUANG/FASILITAS

 JUMLAH

KONDISI

BAIK

RSK

RINGAN

RSK

BERAT

1

Sumur Bor

1

-

-