Profil SLB ABCD Muhammadiyah Palu
SLB ABCD Muhammadiyah Palu merupakan salah satu sekolah tingkat SLB yang berada dikecamatan Palu Barat Kota Palu.
Identitas Sekolah
Nama Sekolah |
: |
SLB ABCD Muhammadiyah Palu |
Alamat Sekolah |
: |
Jalan Tompi No.15 Palu |
Kecamatan |
: |
Palu Barat |
Kota |
: |
Palu |
Provinsi |
: |
Sulawesi Tengah |
Kode Pos |
: |
94221 |
SK Kelembagaan |
: |
II.A/4.a/62/93 |
NSS / NPSN |
: |
802 186 00 102/ 40203523 |
Luas Tanah |
: |
5.000 M² |
Status Sekolah |
: |
Swasta |
Identitas Kepala Sekolah
Nama Kepsek |
: |
Rini Kurniaini, S.Pd |
Pendidikan Terakhir |
: |
S1 |
Jurusan |
: |
Matematika |
Jumlah Guru
Guru PNS |
: |
6 Guru |
Guru Non PNS |
: |
13 Guru |
Jumlah Guru |
: |
19 Guru |
Jumlah Pegawai
Pegawai PNS |
: |
0 Pegawai |
Pegawai Non PNS |
: |
3 Pegawai |
Jumlah Pegawai |
: |
3 Pegawai |
Jumlah Siswa
Tahun Ajaran 2020/2021 |
: |
147 Siswa |
Tahun Ajaran 2021/2022 |
: |
139 Siswa |
Tahun Ajaran 2022/2023 |
: |
153 Siswa |
Tujuan Sekolah
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengatahuan, kepribadian, akhlak mulyaserta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Secara lebih rinci tujuan SLB ABCD Muhammadiyah Palu Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :
- Menjalin kerjasama (Net Working) dengan instalasi / lembaga terkait, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka masa depan anak.
- Mengupayakan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan keterampilan untuk peningkatan potensi anak dan memperlancar proses belajar mengajar.
- Meningkatkan profesionalisme guru melalui pelatihan dan penataan.
- Mengoptimalkan peningkatan potensi yang ada pada anak.
Visi dan Misi Sekolah
Visi Sekolah
Terwujudnya sekolah yang adaptif berbasis keterampilan, kecakapan, kemandirian berakhlak mulia dan peduli lingkungan hidup.
Misi Sekolah
Untuk mencapai visi di atas, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas :
- Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
- Membekali keterampilan kerja yang diperlukan siswa sesuai dengan kemampuan siswa.
- Menumbuhkembangkan semangat keunggulan kepada peserta didik, guru dan tenaga kependidikan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
- Membantu membimbing setiap siswa, mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara maksimal
- Mengembangkan dan mendayagunakan potensi sekolah yang berbudaya lingkungan hidup.
DATA FASILITAS SEKOLAH
Ruangan
No. |
JENIS RUANGAN |
JUMLAH RUANG |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Ruang Kelas |
14 |
9 |
5 |
- |
2 |
Ruang Tata Usaha |
1 |
- |
1 |
- |
3 |
Ruang Guru |
1 |
- |
1 |
- |
4 |
Ruang Kepsek |
1 |
- |
1 |
- |
5 |
Ruang UKS |
1 |
1 |
- |
- |
6 |
Ruang Perpustakaan |
1 |
1 |
- |
- |
7 |
Ruang Kantin |
1 |
1 |
- |
- |
8 |
Gudang |
1 |
1 |
- |
- |
9 |
Ruang Kecantikan |
1 |
- |
1 |
- |
10 |
Ruang Busana |
1 |
1 |
- |
- |
11 |
Asrama |
12 |
- |
12 |
- |
12 |
Ruang Tata Boga |
1 |
- |
1 |
- |
13 |
Ruang BK |
1 |
- |
1 |
- |
14 |
Ruang Bina Diri |
1 |
- |
1 |
- |
15 |
Ruang Aula |
1 |
- |
1 |
- |
16 |
Musholla |
1 |
- |
1 |
- |
|
JUMLAH |
40 |
14 |
26 |
- |
Infra Struktur
No. |
JENIS PAGAR |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
||
1 |
Pagar depan permanen |
√ |
- |
- |
2 |
Pagar samping kiri permanen |
√ |
- |
- |
3 |
Pagar samping kanan permanen |
√ |
- |
- |
4 |
Pagar belakang permanen |
- |
√ |
- |
5 |
Tiang Bendera |
√ |
- |
- |
Inventaris
No. |
JENIS INVENTARIS |
BUTUH |
ADA |
KURANG |
KET |
1 |
Meja/ Kursi Guru |
20 Set |
12 |
8 |
- |
2 |
Meja/ Kursi Kantor |
3 Set |
1 |
2 |
- |
3 |
Lemari Buku Kantor |
10 Set |
5 |
5 |
- |
4 |
Meja/ Kursi Siswa |
50 Set |
106 |
47 |
- |
Sanitasi
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 | KM/ WC Murid |
11 |
- |
2 |
9 |
2 | KM/ WC Guru |
2 |
- |
2 |
- |
Sumber Air Bersih
No. |
RUANG/FASILITAS |
JUMLAH |
KONDISI |
||
BAIK |
RSK RINGAN |
RSK BERAT |
|||
1 |
Sumur Bor |
1 |
√ |
- |
- |